Bangun Karakter dengan Sungkeman

KBRN, Batang : Pandemi virus Korona sudah mereda. Dunia Pendidikan menggeliat, kegiatan demi kegiatan terkait kesiswaan mulai digelar. Dalam sepekan ini, kegiatan dilakukan oleh hampir semua sekolah baik SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA adalah yaitu pelepasan kelas 9. Seremonial ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan pamungkas dari seluruh pembelajaran bagi kelas 9. SMP Negeri 2 Bandar kabupaten Batang juga melaksanakan kegiatan yang sama pada Selasa (14/6/2022).

Kegiatan ini melibatkan semua siswa kelas 7, 8, dan kelas 9, serta orang tua kelas 9 yang menyaksikan prosesi wisuda putra-putrinya. Pelepasan dihadiri oleh Kepala Desa Toso, Kepala Desa Kluwih, Kepala SD/MI di wilayah Toso dan Kluwih serta Komite sekolah dan jajarannya. Kesempatan ini juga digunakan sebagai ajang promosi agar peminat SMP Negeri 2 Bandar kembali meningkat.

Ketua Komite SMP Negeri 2 Batang Mifta mengharapkan agar warga Toso dapat memanfaatkan akses Pendidikan yang ada di wilayahnya dan menyekolahkan anaknya di sana. Kepala SMP Negeri 2 Bandar yang baru, Dinok Sudiami menyatakan bahwa SMP Negeri 2 Bandar mempunyai asset yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk pembelajaran siswa. Sekolah mempunyai gamelan, yang akan dimaksimalkan penggunaannya melalui kegiatan ekstra kurikuler setelah tahun ajaran baru.

Acara pelepasan diakhiri dengan kegiatan sungkeman oleh siswa kelas 9 kepada orang tuanya. Sungkeman ini sebagai ungkapan rasa bakti anak terhadap orang tua sekaligus menunjukkan rasa sayang dan hormat kepada orang tuanya. Perasaan haru menyeruak antara orang tua dan anak untuk saling mencurahkan kasih sayang. Pembiasaan ini perlu dibudayakan sebagai perwujudan karakter profil Pelajar Pancasila dalam dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Dalam hal ini menunjukkan elemen akhlak pribadi yakni menyadari bahwa menjaga dan merawat diri penting dilakukan bersamaan dengan menjaga dan merawat orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Sumber : https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-pendidikan/1495456/bangun-karakter-dengan-sungkeman

Baca Juga

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar dengan baik dan membangun

Lebih baru Lebih lama