VISI SEKOLAH
“Terwujudnya Peserta Didik Yang Beriman dan Bertakwa, Cerdas, Terampil, Berbudaya, Berbudi Pekerti Luhur, Dan Berwawasan Lingkungan”
Indikator untuk mencapai visi tersebut adalah sebagai berikut.
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
- Cerdas
- Terampil
- Berbudaya
- Berbudi pekerti luhur
- Berwawasan Lingkungan
Peserta Didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah Peserta Didik yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
Peserta Didik memiliki pola pikir yang mampu melihat berbagai sudut pandang tanpa batas, sehingga kerap menghasilkan gagasan yang berkualitas. Ketika, mereka berhadapan dengan suatu keadaan tertentu, biasanya akan berusaha memikirkan solusi penyelesaian yang tepat dan mudah dipahami oleh berbagai pihak. Peserta didik yang cerdas memiliki nalar kritis yaitu mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.
Peserta didik dapat melakukan tindakan, aktivitas atau pekerjaan dengan cekatan, gesit, lincah dan mampu menemukan teknik bertindak dengan sistematis serta mempunyai kemampuan untuk melakukan pekerjaan dalam segala bidang, sehingga dapat memperoleh hasil karya yang dapat dinikmatinya sendiri, dan dapat mengembang ke orang lain. Peserta didik mempunyai kreativitas yang tinggi yaitu mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Peserta didik dapat menumbuhkembangkan dan mengaplikasikan nilai-nilai estetika serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah dan nasional. Dalam hal ini peserta didik berkebhinekaan global dan diharapkan mampu mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
Peserta didik mampu meningkatkan, memelihara, mengembangkan, membentuk serta memperbaiki tingkah laku pada setiap individu dengan tujuan dapat menjalankan peran hidupnya dengan seimbang, selaras dan serasi antara spiritual, jasmani-rohani, lahir-batin dan individu-sosial. Peserta didik dapat menerapkan kemandirian dalam dirinya dengan cara bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri. Peserta didik juga mampu berperan dalam interaksi sosial melalui gotong royong, yaitu memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
Peserta didik memiliki pengetahuan wiyata mandala, menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
MISI SEKOLAH
- Menumbuhkembangkan nilai-nilai ajaran agama peserta didik dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia;
- Mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik agar dapat bernalar kritis, melalui pembelajaran yang kreatif, inspiratif dan partisipatif;
- Membekali peserta didik trampil dengan kecakapan literasi, numerasi dan teknologi agar lebih kreatif dalam menjalankan keterampilan hidup (life skill);
- Mengembangkan budaya dan menjunjung tinggi sikap kebhinekaan global melalui cinta tanah air, mengaplikasikan nilai-nilai luhur budaya daerah dan nasional melalui beragam kegiatan dan Berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan kearifan lokal;
- Membentuk karakter mandiri, disiplin, toleransi, saling menghargai, percaya diri dan bergotong royong sehingga terbentuk sikap peserta didik yang santun dan berbudi pekerti luhur;
- Menumbuhkan lingkungan sekolah yang ASRI BERSERI (Aman, Sehat, Rapi, Indah, Bersih, Segar, dan Rindang serta bebas sampah).
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
TUJUAN SEKOLAH
Tujuan pendidikan SMP Negeri 2 Bandar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan secara khusus, sesuai dengan visi, misi sekolah, dan tujuan pendidikan nasional serta relevansi kebutuhan masyarakat, maka tujuan SMP Negeri 2 Bandar pada akhir tahun pelajaran 2023/2024, yaitu:
No | Misi Sekolah | Tujuan Sekolah | Sasaran Sekolah | Indikator |
---|---|---|---|---|
1 | Mengembangkan nilai-nilai ajaran agama dan pemahaman kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari;
|
|
Tertanamnya nilai-nilai ajaran agama dan berakhlak mulia. | Lulusan mampu mengamalkan ajaran agama menyesuaikan agamanya. |
2 | Mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik agar dapat berprestasi melalui pembelajaran yang bernalar kritis, inspiratif dan partisipatif | Mengembangkan potensi peserta didik yang cerdas dan berprestasi secara fisik maupun mental dalam setiap lomba dan ketika memasuki Pendidikan lebih lanjut melalui kegiatan pembelajaran yang bernalar kritis, inspiratif dan partisipasif | Berkembangnya potensi kecerdasan peserta didik agar dapat berprestasi melalui pembelajaran yang bernalar kritis, inspiratif dan partisipasif sesuai dengan perkembangan usia. |
|
3 | Membekali peserta didik secara kreatif dengan kecakapan literasi, numerasi dan teknlogi agar terampil dalam menjalankan keterampilan hidup (life skill) | Mempersiapkan peserta didik trampil dan kreatif dalam kecakapan literasi, numerasi dan teknologi agar memiliki keterampilan hidup di masa mendatang | Berkembangnya keterampilan literasi, numerasi dan teknologi sebagai bekal kecakapan hidup (life skill) |
|
4 | Mengembangkan budaya dan menjunjung tinggi sikap kebhinekaan global melalui cinta tanah air, mengaplikasikan nilai-nilai luhur budaya daerah dan nasional melalui beragam kegiatan dan Berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan kearifan lokal | Mempersiapkan peserta didik yang memiliki rasa saling menghargai dan mencintai budaya daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang mengarah pada budaya local seperti tari tradisional dan gamelan | Terbentuknya budaya kearifan lokal melalui rasa saling menghargai sehingga terbentuk sikap peserta didik yang berkebhinekaan global | Indek karakter |
5 | Membentuk karakter mandiri, disiplin, toleransi, saling menghargai, percaya diri dan bergotong royong sehingga terbentuk sikap peserta didik yang santun dan berbudi pekerti luhur | Mempersiapkan peserta didik mampu:
|
Terbentuknya karakter peserta didik yang mandiri, disiplin, saling menghargai, percaya diri dan bergotong royong | Indek karakter |
6 | Menumbuhkan lingkungan sekolah yang ASRI BERSERI (Aman, Sehat, Rapi, Indah, Bersih, Segar, dan Rindang serta bebas sampah). | Mengembangkan sikap cinta tanah air dan berwawasan lingkungan dalam setiap pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas | Berkembangnya potensi peserta didik untuk cinta tanah air dan berwawasan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari | Iklim sekolah yang aman dan sehat |
Bandar, Juli 2023
Kepala Sekolah
Dinok Sudiami, M.Pd
NIP.19760720 200801 2 007