RANCANGAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
TEMA 1 : Gaya Hidup Berkelanjutan
KEPANITIAAN PROYEK
No | Kelas | Koordinator | Anggota |
1 | 7A | Ika Wahyuningsih, S.Pd |
1. Rumanti, S.Pd 2. Tasmuti, S.Pd 3. Rifda Kharisma Putri, S.Pd 4. Nur Hamim, S.Pd 5. Anggit Wigianto, S.Pd |
2 | 7B | Tasmuti, S.Pd |
1. Rumanti, S.Pd 2. Ika Wahyuningsih, S.Pd 3. Rifda Kharisma Putri, S.Pd 4. Nur Hamim, S.Pd 5. Anggit Wigianto, S.Pd |
3 | 7C | Rifda Kharisma Putri, S.Pd |
1. Rumanti, S.Pd 2. Ika Wahyuningsih, S.Pd 3. Tasmuti, S.Pd 4. Nur Hamim, S.Pd 5. Anggit Wigianto, S.Pd |
4 | 7D | Nur Hamim, S.Pd |
1. Rumanti, S.Pd 2. Ika Wahyuningsih, S.Pd 3. Tasmuti, S.Pd 4. Rifda Kharisma Putri, S.Pd 5. Anggit Wigianto, S.Pd |
Ket : Surat Tugas menyusul.
PELAKSAMAAN PROYEK
Proyek dilaksanakan mulai : 25 Juli – 15 Oktober 2022
BENTUK KEGIATAN PROYEK
- Membuat taman sekolah.
- Membudidayakan tanaman sayur.
- Penghijauan lingkungan sekolah.
DIMENSI PENGUATAN PROFIL PANCASILA
- Mandiri
- Kreatif
- Gotong-royong.
MAPEL TERINTREGASI
- Bahasa Indonesia
- IPA
- IPS
- Matematika
JADWAL KEGIATAN PROYEK
No. |
Mata Pelajaran |
Juli 2022 |
Agustus 2022 |
September 2022 |
Oktober 2022 |
Jumlah |
|||||||||||||
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
M |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
|||
1 |
Tahapan Proyek |
|
|
|
Pengenalan |
Kotekstualisasi |
Aksi |
|
Aksi |
Refleksi |
Tindak Lanjut |
|
|||||||
2 |
Alokasi Jam Pelajaran |
|
|
|
9 |
9 |
9 |
9 |
9 |
9 |
|
9 |
9 |
9 |
9 |
9 |
9 |
9 |
117 |
No |
Alur |
Minggu Ke- |
Hari |
Materi |
Ket |
1 |
Pengenalan |
1 |
Senin |
Pengenalan program
P5 dengan tema "Penghijauan
dengan membuat dan mengembangkan taman Sekolah" sekaligus
pembagian kelompok |
Materi disiapkan
oleh guru secara mandiri |
Selasa |
Mengenal konsep
penghijauan dan reboisasi |
||||
Rabu |
Mengenal taman
sekolah dan manfaatnya |
||||
Kamis |
Mengenal
jenis-jenis tumbuhan |
||||
Jumat |
survey jenis-jenis
tanaman di lingkungan sekolah |
||||
2 |
Kontekstualisasi |
2 |
Senin |
Pengenalan
bagian-bagian tanaman dan fungsinya |
Materi disiapkan
oleh guru secara mandiri |
Selasa |
Pengenalan konsep
perkembangbiakan tanaman dengan generatif |
||||
Rabu |
Pengenalan konsep
perkembangbiakan tanaman dengan vegetatif |
||||
Kamis |
Mengidentifikasi
tanaman yang cocok untuk penghijauan |
|
|||
Jumat |
Mengidentifikasi
tanaman yang cocok untuk taman sekolah |
|
|||
3 |
Senin |
Praktek penanaman
pohon dengan menggunakan biji |
Alat dan bahan
disiapkan anak |
||
Selasa |
Praktek penanaman
pohon dengan menggunakan tunas |
||||
Rabu |
Praktek penanaman
pohon dengan cangkok |
||||
Kamis |
Praktek penanaman
pohon dengan okulasi/sambung pucuk |
||||
Jumat |
Membuat
rangkuman/artikel tentang penanaman pohon yang telah dilakukan sebelumnya |
|
|||
3 |
Aksi |
4 |
Senin |
Membuat denah
sekolah dan mengidentifikasi area yang harus dilakukan penghijauan di kertas
A3 |
Kertas dan alat
tulis disiapkan anak |
Selasa |
Membuat denah
sekolah dan mengidentifikasi area yang tepat untuk pembuatan taman sekolah di
Kertas A3 |
||||
Rabu |
Membuat poster di
kertas A3 dengan tema penghijauan atau lingkungan (gambar berwarna dengan
krayon) |
||||
Kamis |
Membuat gambar
model taman sekolah pada kertas A3 dengan menggunakan pensil dan krayon |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-4. |
|
|||
5 |
Senin |
Penentukan lokasi
taman sekolah per kelompok per kelas. (ditandai dengan patok dan tali untuk
masing-masing kelompok). |
|
||
Selasa |
Pembersihan lahan
dari rumput dan gulma lainnya |
Sabit dan alat lain
dibawa anak |
|||
Rabu |
Pembersihan lahan
dari rumput dan gulma lainnya |
||||
Kamis |
Pembersihan lahan
dari rumput dan gulma lainnya |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-5. |
|
|||
6 |
Senin |
Penggemburan tanah
dengan cangkul. |
Cangkul dibawa anak
secara mandiri |
||
Selasa |
Penggemburan tanah
dengan cangkul. |
||||
Rabu |
Penggemburan tanah
dengan cangkul. |
||||
Kamis |
Penggemburan tanah
dengan cangkul. |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-6. |
|
|||
7 |
Senin |
Pemupukan lahan
dengan menggunakan pupuk kandang |
Pupuk kandang dan
kimia disediakan anak |
||
Selasa |
Pemupukan lahan
dengan menggunakan pupuk kandang |
||||
Rabu |
Pemupukan lahan
dengan menggunakan pupuk kandang |
||||
Kamis |
Pemupukan lahan
dengan menggunakan pupuk kandang |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-7. |
|
|||
8 |
Senin |
Penanaman rumput |
Rumput dan tanaman
disediakan anak |
||
Selasa |
Penanaman rumput |
||||
Rabu |
Penanaman tanaman
lainnya |
||||
Kamis |
Penanaman tanaman lainnya |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-8. |
|
|||
9 |
Senin |
Perawatan lahan dan
penyiraman |
Alat yang
diperlukan disediakan anak |
||
Selasa |
Perawatan lahan dan
penyiraman |
||||
Rabu |
Perawatan lahan dan
penyiraman |
||||
Kamis |
Perawatan lahan dan
penyiraman |
||||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-9. |
|
|||
4 |
Refleksi |
10 |
Senin |
Evaluasi dan
pemantauan taman oleh guru pembimbing |
|
Selasa |
Evaluasi dan
pemantauan taman oleh guru pembimbing |
|
|||
Rabu |
Evaluasi dan
pemantauan taman oleh guru pembimbing |
|
|||
Kamis |
Evaluasi dan
pemantauan taman oleh guru pembimbing |
|
|||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-10. |
|
|||
11 |
Senin |
Penjelasan dan
latihan dokumentasi taman dan hasil penghijauan |
|
||
Selasa |
Dokumentasi taman
dan hasil penghijauan dalam bentuk photo dan dishare di instagram |
Anak diperbolehkan
membawa HP |
|||
Rabu |
Dokumentasi taman
dan hasil penghijauan dalam bentuk video dan dishare di youtube |
||||
Kamis |
Pameran hasil
dokumentasi di papan pajang depan kelas |
|
|||
Jumat |
Membuat refleksi
tentang kegiatan pada minggu ke-11. |
|
|||
5 |
Tindak lanjut |
12 |
Senin |
Pelatihan pembuatan
laporan kegiatan proyek |
|
Selasa |
Pelatihan pembuatan
laporan kegiatan proyek |
|
|||
Rabu |
Pelatihan pembuatan
laporan kegiatan proyek |
|
|||
Kamis |
Pelatihan pembuatan
laporan kegiatan proyek |
|
|||
Jumat |
Pelatihan pembuatan
laporan kegiatan proyek |
|
|||
13 |
Senin |
Pembuatan dan
pengumpulan laporan kegiatan proyek |
Dikumpulkan ke koordinator
proyek masing-masing kelas |
||
Selasa |
Pembuatan dan
pengumpulan laporan kegiatan proyek |
||||
Rabu |
Pembuatan dan
pengumpulan laporan kegiatan proyek |
||||
Kamis |
Pembuatan dan
pengumpulan laporan kegiatan proyek |
||||
Jumat |
Pembuatan dan pengumpulan
laporan kegiatan proyek |
COntoh File DOCX
Bagi yang butuh, bisa mendownload pada preview berikut:
boleh minta filenya tidak ya
BalasHapusBisa share modulnya
HapusBISA BAGI MODULNYA PAK
BalasHapusBisa bagi modulnya tidak?
BalasHapus